Minggu, 12 Desember 2010

Perushaan dan Lingkungan perusahaan

Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan


Merencanakan suatu bisnis tentunya kita harus membuat suatu badan usaha sebagai alat mencapai tujuan yang dikehendaki. Biasanya disebut dengan perusahaan.

Adapun yang dimaksud perusahaan adalah:
“suatu unit yang melakukan aktivitas pengolahan faktor-faktor produksi, untuk menyediakan barang-barang dan jasa bagi masyarakat, mendistribusikannya, serta melakukan upaya-upaya lain dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat”.



Tempat dan Kedudukan Perusahaan

Tempat Kedudukan perusahaan adalah kantor pusat perusahaan tersebut.
Tempat kedudukan perusahaan umumnya dipengruhi faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain, seperti lembaga pemerintah, lembaga keuangan, pelanggan dan sebagainya.

Letak Perusahaan :
Tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik. Letak perusahaan dipengaruhi faktor ekonomi dan merupakan salah satu factor yang penting yang menunjang efisiensi perusahaan terutama dalam kaitannya dengan biaya.

Faktor-faktor yang mempengaruhi biaya :
1. harga bahan baku/bahan pembantu
2. tingkat upah buruh
3. tanah
4. pajak
5. tingkat bunga
6. biaya alat produksi tahan lama
7. biaya atas jasa pihak ketiga

Jenis-Jenis Letak Perusahaan dibedakan menjadi 4 macam:

1. letak perusahaan yang terkait dengan alam yaitu letak perusahaan yang pada umumnya karena ketersediaan dan kemudahaan bahan baku. Perusahaan berkaitan dengan bahan bahan-bahan tambang pada umumnya terletak daerah faktor produksi alamnya,seperti perusahaan timah, emas dan sebagainya.
2. letak perusahaan berasarakan sejarah,yaitu perusahaan menjalankan aktivitasnya di suatu daerah tertentu karena alasan yang hanya dapat dijelaskan berdasarkan sejarah. Misalnya perusahaan batik banyak didirikan di yogyakarta, solo dan sebagainya.
3. letak perusahaan yang ditetapkan pemerintah yaitu, perusahaan ditetapkan atas peraturan pemerintah dan demi keamanan, kesehatan dan lingkungan. Misalnya pertenakan ayam tidak boleh ditengah-tengah pemikiman atau kota padat penduduk dan sebagainya.
4. letak perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi yaitu pemilihan letak yang bersifat industri adalah pendekatan dan ketersediaan bahan mentah,tenaga kerja, ketersediaan modal, kemudahan transportasi serta dekat pasar dan kesesuaian iklim.


Tujuan pendirian perusahaan

Secara umum tujuan perusahaan dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:
1. tujuan ekonomis : berkaitan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksitensinya, dalam hal ini perusahaan menciptakan pelanggan dan menjalankan upaya-upaya mengembangkan dengan memusatkan perhatiannya pada kebutuhan masyarakat dalam produksi yang diinginkan.
2. tujuan sosial : perusahaan diharapkan untuk memperhatikan keinginan investor, karyawan , penyedia faktor-faktor produksi maupun masyarakat luas.

Lingkungan perusahaan ada 2 macam :
1. Lingkingan Eksternal Perusahaan adalah fackor-faktor diluar dunia usaha yang mempengaruhi kegiatan perusahaan. Lingkungan eksternal ini perusahaan dapat dibedakan menjadi lingkungan eksternal makro dan lingkungan eksternal mikro.
2. lingkungan internal adalah faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi.

Fungsi-fungsi perusahaan:
Dalam mencapai tujuan dikenal dua fungsi perusahaan yaitu fungsi operasi dan fungsi manajemen.

Yang termasuk fungsi operasi adalah :
1. pembelian dan produksi
2. pemasaran
3. keuangan
4. personalia
5. akuntansi
6. adminitrasi
7. transportasi dan komunikasi
8. teknologi
9. pelayanan umum

Adapun yang termasuk fungsi manajemen adalah:
1. perencanaan
2. pengorganiasasian
3. pengarahan
4. pengendalian

ciri-ciri perusahaan :
pada umumnya ciri-ciri perusahaan berkenaan dengan variable-variabel sebagai berikut:
1. operatif yaitu dalam perusahaan dijumpai adanya aktivitas ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan produksi , penyedian atau pendistribusian barang dan jasa
2. koordinatif yaitu diperlukan koordinatif semua dalam kegiatannya.
3. reguler yaitu upaya mencapai kesinambungan perusahaan diperlukan yang dpat mendukung aktivitasnya agar dapat selalu bergerak maju.
4. dinamis yaitu lingkumgan yang selalu berubah-ubah.
5. formal yaitu untuk memenuhi keadaan ini perusahaan harus terdaftar di lembaga pemerintah secara resmi.
6. lokasi yaitu letak perusahaan didirikan
7. pelayanan bersyarat yaitu dalam menghasilkan barang dan jasa perusahaanberkaitan dengan tujuannya dan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dan bersedian konsumen membelinya.











Sumber : Pusat Pengembangan Bahan Ajar-UMB
Agus Arijanto SE
Pengantar Bisnis

0 komentar: