Minggu, 12 Desember 2010

Manajemen dan Organisasi

Pengertian Manajemen
Definisi manajemen menurut Profesor Oei Liang Lee  adalah ilmu dan seni merncanakan, mengorganisai, mengarahkan, mengkoordinasi serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapan.
Dapat disimpulkan manjamen mempunyai 5 fungsi :
  1. Pernecanna (Planning)
  2. Pengorganisasian (Organizing)
  3. Pengarahan (Directing)
  4. Pengkoordinasian (Coordinating)
  5. Pengawasan (Controlling)
    Fungsi dan Proses Manajemen
    Fungsi-fungsi manajemen adalah kegiatan kerja manajer dalam merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengkoordirnasi dan mengawsai.
    Proses manajemen adalah serangkai keputusan dan kegiatan kerja yang terus menerus dimana manajer terlibat sewaktu mereka merencana, mengorganisansi, mengarahkan, mengkoordinasi dan mengawasi.
    Ciri-Ciri Manajer Profesiaonal
    Berkaitan dengan hubungan antar pribadi
    • Pemimpin lambing (Figuerhead)
    Kepala Simbolis ; diperlukan untuk menjalankan sejumlah kewajiban rutin yang bersifat legal dan sosial.
    • Pemimpin (Learder)
    Bertanggung jawab untuk memotivasi dan mengaktifkan bawahan ; bertanggung jawab mengisi posisi yang kosong (staffing), melatih dan tugas tugas yang berkaitan.
    • Penghubung (Liaison)
    Memelihara suatu jaringan kontak luar yang berkembang sendiri yang memberi dukungan dan informasi.
    Berkaitan dengan informasi
    • Pemantau (Monitor)
    Sebagai pusat saraf informasi internal dan ekternal tentang organisasi.
    • Penyebar (Dissiminator)
    Meneruskan informasi yang diterima dari orang luar atau dari bawahan kepada anggota organisasi.
    • Jurubicara (Spokesperson)
    Meneruskan informasi kepada orang luar mengenai rencana, kebijakan, tindakan dan hasil organisasi.
    Berkaitan dengan pengambilan keputusan
    • Wirausaha (Entrepreneur)
    Mencari kesempatan dalam organisasi dan lingkungannya serta memprakasai “proyek-proyek perbaikkan” untuk menimbulkan perubahan.
    • Pengendali Gangguan (Disturbance Handler)
    Bertanggung jawab atas tindakan korektif bila organisasi menghadapi gangguan mendadak dan penting.
    • Pengalokasi Sumber Daya (Resource Allocator)
     Bertanggung jawab terhadap alokasi segala sumber daya organisasi.
    • Perunding (Negotiator)
     Mewakili organisasi pada perundingan-perundingan utama.
    Organisasi
    Definisi organisasi Menurut Boone dan Katz organisasi adalah :
    Suatu proses tersusun yang orang-orangnya berinteraksi untuk mencapai tujuan.
    dari definisi dapat disimpulkan bahwa organisasi mencakup 3 elemen pokok :
    Interaksi manusia
    Kegiatan yang mengarah pada tujuan
    Struktur organisasi itu sendiri
    BENTUK-BENTUK ORGANISASI
    Organisasi Lini
    Garis wewenang yang menghubungkan langsung secara vertical antara atasan dan bawahan.
    Ciri-cirinya :
    1. Jumlah karyawan sedikit ;
    2. Manajer dibawahnya hanya sebagai pelaksana ;
    3. Sarana dan alatnya terbatas ;
    4. Hubungan atasan dan bawahan bersifat langsung ;
    5. Bentuk lini pada perusahaan perseorangan, pemilik perusahaan adalah top manager.
    Organisasi Fungsional
    Wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian yang
    mempunyai jabatan fungsional untuk dikerjakan para pelaksana yang
    mempunyai keahlian khusus.
    Ciri-cirinya :
    1. Organisasi kecil,
    2. Terdapat kelompok kerja staf ahli,
    3. Spesialisasi dalam pelaksanaan tugas,
    4. Target yang hendak dicapai jelas dan pasti,
    5. Pengawasan ketat,
    Organisasi Garis dan Staff
    Pelimpahan wewenang secara vertikal dari pimpinan ke kepala bagian
    dibawahnya serta masing-masing pejabat, manajer ditempatkan satu atau
    pejabat staff yang tidak mempunyai wewenang memerintah tetapi hanya
    sebagai penasihat, misal : kearsipan, keuangan, personel
    Ciri-cirinya :
    1. Hubungan atasan dan bawahan tidak seluruhnya langsung
    2. Karyawan banyak
    3. Organisasi besar
    Ada 2 kelompok kerja organisasi sehingga ditekankan
    adanya spesialisasi :
    Personel Lini
    Personel Staff
    Organisasi Fungsional dan Garis
    Wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada
    kepala bagian dibawahnya yang mempunyai keahlian
    tertentu serta sebagian dilimpahkan kepada pejabat
    fungsional yang koordinasinya tetap diserahkan kepada
    kepala bagian.
    Ciri-cirinya :
    1. Tidak tampak pembedaan tugas pokok dan bantuan,
    2. Spesialisasi praktis pada pejabat fungsional,
    3. Pembagian kerja dan pelimpahan wewenang tidak membedakan perbedaan tingkat eselon
    Organisasi Matrik
    Disebut juga sebagai Organisasi Manajemen Proyek
    yaitu penggunaan struktur organisasi menunjukkan di mana para spesialis yang
    punya ketrampilan di masing-masing bagian dari kegiatan perusahaan
    dikumpulkan lagi menjadi satu untuk mengerjakan proyek yang harus diselesaikan.
    Organisasi Komite
    Tugas kepemimpinan dan tugas tertentu dilaksanakan
    secara kolektif oleh kelompok pejabat, yang berupa
    komite atau dewan atau board dengan plurastic
    manajemen.
    Terdiri dari :
    Executive Committe (Pimpinan Komite)
    Anggotanya mempunyai wewenang lini
    Staff Committe
    Orang-orang yang hanya mempunyai wewenang staf
    Sumber :http:// ocw.gunadarma.ac.id

    0 komentar: