Minggu, 12 Desember 2010

PEMASARAN

Pengertian Pasar dan Pemasaran
Pengertian Pasar adalah Kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu,berdaya beli dan berminat merealisasikan pembelinya.
Pengertian Pemasaran adalah Kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa,menetapkan harga,mendistribusikan,serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan komsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Jenis-Jenis Pasar
Pasar Konsumen
Sekelompok pembeli yang membeli barang untuk dikonsumsi,bukan dijual atau diproses lebih lanjut.
Pasar Industri
Pasar yang terdiri individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barang untuk dipakai lagi,baik langsung maupun tidak langsung,dalam memproduksi barang lain kemudian dijual.
Pasar Penjual
Individu dan organisai yang membeli barang untuk dijual lagi atau disewakan untuk mendapat laba.
Pasar Pemerintah
Pasar dimana terdapat lembaga pemerintah.seperti departemen,direktorat,kantor dinas dan instansi lain
Konsep-Konsep Inti  Pemasaran
Konsep Produksi
Konsumen menyukai produk yang tersedia dan selaras dengan kemampuan dan menejemen berkonsentasi pada efisiensi produksi dan distribusi.
Konsep Produk
Konsumen menyukai produk yang bermutu dan kinerja baik serta keistimewaan yang mencolok, menajemen harus memperbaiki trus menerus produknya.
Konsep Penjualan
Konsumen tidak akan membeli banyak produk kecuali manajemen melakukan usaha promosi dan penjualan yang baik.
Konsep Pemasaran
Penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan pemberian kepuasan secara lebih efektif dan efisien dari yang dilakukan pesaing.
Tujuan Sistem Pemasaran
Memaksimumkan Konsumsi
Pekerjaan pemasaran adalah memudahkan dan merangsang konsumsi maksimum, akhirnaya menciptakan produksi,kesempatan kerja, dan memakmurkan maksisum.
Memaksimumkan Kepuasan Konsumen
Tujuan sistem pemasaran lain adalah memaksimumkan kepuasan konsumen,bukan konsumsi.
Memaksimumkan Mutu Hidup
Termasuk didalamnya kualitas,kuantitas,ketersediaan dan harga pokok barang.
Sumber: http://owc.gunadarma.ac.id

0 komentar: