Rabu, 24 November 2010

Ruang Lingkup Bisnis

Pengertian Bisnis

  1. Pengertian bisnis adalah serangkaian usaha yang dilakukan 1 orang atau lebih individu maupun kelompok dengan  menawarkan barang dan jasa untuk mendapatkan keuntungan/laba.

  1. Pengertian bisnis adalah sebuah usaha, dimana setiap orang atau kelompok harus siap untung & siap rugi. bisnis tidak hanya tergantung dengan modal uang, tetapi banyak faktor yang mendukung terlaksananya sebuah bisnis, misalnya : reputasi, keahlian, ilmu, sahabat & kerabat dapat menjadi modal bisnis.

Jenis jenis bisnis
Monopsoni, adalah keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas.Kondisi Monopsoni sering terjadi didaerah-daerah Perkebunan dan industri hewan potong (ayam), sehingga posisi tawar menawar dalam harga bagi petani adalah nonsen. Perlu diteliti lebih jauh dampak fenomena ini, apakah ada faktor-faktor lain yang menyebabkan Monopsoni sehingga tingkat kesejahteraan petani berpengaruh.
Salah satu contoh monopsoni juga adalah penjualan perangkat kereta api di Indonesia. Perusahaan Kereta Api di Indonesia hanya ada satu yakni KAI, oleh karena itu, semua hasil produksi hanya akan dibeli oleh KAI.

Pasar oligopoli adalah adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.
Praktek oligopoli umumnya dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menahan perusahaan-perusahaan potensial untuk masuk kedalam pasar, dan juga perusahaan-perusahaan melakukan oligopoli sebagai salah satu usaha untuk menikmati laba normal di bawah tingkat maksimum dengan menetapkan harga jual terbatas, sehingga menyebabkan kompetisi harga diantara pelaku usaha yang melakukan praktek oligopoli menjadi tidak ada.

Oligopsoni, adalah keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas.
Pasar monopoli (dari bahasa yunani: monos, satu + polein, menjual) adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis".

Kamis, 18 November 2010

Kemasan yang mudah di bawa

ULTRA MILK....
ultra milk adalah salah satu produk dari ultra jaya. Ultra jaya mengemas produknya secara efisien, praktis, ramah lingkungan. Warna kemasan yang digunakan sangat menarik dan sesuai dengan produk yang beraneka ragam rasa, sehingga konsumen tertarik untuk mengkonsumsinya. Secara harga ultra milk termasuk terjangkau bagi para konsumen..
Dalam kemasan ultra milk juga dicantumkan semua informasi mengenai bahan yang terkandung didalam susu tersebut, seperti komposisi, yang lengkap dan mudah dipahami..
Ultra jaya juga sudah mendaftarkan merknya dipemerintah, jadi sudah terjamin tidak ada yang bisa memplagiat merknya itu. dengan ultra jaya mendaftarkan merknya pemerintah bisa mengawasi semua yang berkaitan seperti pajak...

Kemasan ultra milk juga bisa dibedakan dengan produk lainnya karena kemasan ultra milk memiliki ciri khas, yang vanila berwarna biru dan memiliki gambar sapi, yg strawberry berwarna pink dan bergambar susunya, dan kalau yang coklat berwarna kuning kecoklatan dan ada gambar coklatnya....

Ultra milk juga memiliki produk susu yang low fat, cocok untuk penderita diabetes dan cocok untuk melaksanakan program diet...

Merk yang mudah dan sulit diucapkan

MERK yang mudah diucapkan...
semua contoh merk dibawah ini sudah memenuhi syarat untuk menjadi merk, atau bisa dikatakan baik...
1. TOYOTA (mobil)
 





2. RINSO (sabun cuci pakaian)

 







3. NUVO (sabun mandi)

 







4. ADIDAS (sport)

 






5. SAMSUNG (alat elektronik)


MERK yang tidak mudah diucapkan...
Merk ini mempunyai kata-kata yang berbeda dan cukup rumit untuk dibaca atau diucapkan..

1. PIGEON (baby powder)
 

2. PORSCHE (mobil



3. CHRYSLER (mobil)



4. PEUGEOT (mobil)


5. HUSH PUPPIES (pakaian)

Senin, 08 November 2010

KULINER BAKSO KUMIS



Bakso Kumis Permai
          Diberi nama Bakso Kumis Permai karena pemiliknya memiliki kumis dan letaknya di perumahan Babelan Mas Permai . Awalnya pak Kumis menjual baksonya dengan cara berkeliling menggunakan gerobak, lalu mengontrak di suatu rumah . setelah beberapa tahun, pak kumis mampu membeli rumah yang sederhana untuk berjualan bakso, hingga akhirnya tempat berjualannya sekarang menjadi besar bahkan tingkat 2 lantai.
          Yang membuat bakso ini bisa di katakana unik karena dari namanya “BAKSO KUMIS PERMAIi” dan bakso ini sungguh sangat laris manis,saat weekend sekitar jam11an saja bakso telornya sudah habis. Bakso disini sangat lezat sehingga orang-orang tidak segan-segan untuk kembali lagi ke sini. Di sana di jual 3 jenis bakso, BAKSO TELOR, BAKSO URAT, dan BAKSO BIASA. Tidak hanya bakso saja yang di jual disana tapi juga mie ayam yang sangat lezat. Bakso yang mereka jual, mereka buat dengan tangan sendiri. Pak kumis tidak memperkerjakan orang lain sebagai pegawainya tetapi pak Kumis merekrut langsung saudara-saudaranya sebagai pegawai di warung baksonya.


Kelebihan:
Menurut kami bakso di sini sudah di jamin halal, harganya terjangkau dan letaknya strategis, tempatnya luas, memiliki rasa yang khas, tidak ada pesaing di sekitarnya karena hanya pak Kumis yang menjual bakso dan mie ayam di perumahan Babelan Mas Permai. Pak kumis bisa membangun warungnya menjadi mewah karena ketekunannya dan anaknya yang masih kecil sehingga belum memikirkan pengeluaran untuk biaya pendidikan anak-anaknya.



Kelemahan:
1. Karena pelanggan yang sangat banyak sehingga persediaan bakso sering kurang.
2. Karena hanya ada bakso pak Kumis di perumahan itu, pembeli bisa merasakan bosan dengan rasa bakso yang hanya itu-itu saja.
3. Karena warung bakso itu sering ramai, sehingga sering ada gosip-gosip yang negatif  tentang kelarisan bakso itu

TUGAS DASAR PEMASARAN

LAPTOP ACER






Laptop Acer zaman sekarang ini banyak digunakan oleh semua kalangan, karena laptop ini memiliki kualitas yang bagus. Acer memiliki banyak fungsi antara lain :
  1. Untuk menyimpan data.
  2. Untuk main game.
  3. Untuk internetan.
  4. Untuk mendengarkan musik, menonton film.
  5. Untuk webcam dan banyak lagi.

Acer memiliki berbagai desain ada desain yang slim, kecil, besar, kotak, dan ada juga yang touchscreen, acer juga memiliki banyak warna antara lain biru, putih, hitam, pink, dan lain-lain.. Banyak merk laptop selain acer antara lain Apel, Vaio, Compaq, Toshiba, Dell, Zyrex dan lain-lain..

Acer memiliki kualitas yang tinggi, yang membuat banyak orang jadi tertarik untuk menggunakan. Acer memiliki fasilitas lainnya seperti wifi, acer juga memiliki camera yang jernih.

Kalau masalah delivery atau tidak tergantung took tersebut, tapi kebanyakan tidak dikirim. Cara bayarnya bisa tunai atau kredit laptop acer sangat mudah digunakan, dan laptop acer memiliki garansi 1 tahun….

INOVASI BARU MOTOR BERATAP

Pada zaman sekarang cuaca diIndonesia sedang tidak menentu, akhirnya kami mempunyai ide untuk mendisain motor yang sekarang ada menajadi motor inovasi terbaru yang memiliki atap seperti mobil. atap ini bisa berguna untuk melindungi pengendara dari hujan atau pun cuaca panas..
Kami membuat desain ini karena kami berfikir  para pengendara untuk membeli mobil sangat sulit karena harga mobil yang sangat mahal dan mobil memiliki bentuk yang besar yang membuat macet dijalan, kalau motor semua orang bisa membelinya karena harga motor cukup terjangkau, dan memiliki bentuk yang kecil yang bisa digunakan untuk menghindari macet, irit, praktis.. Sehingga kami membuat inovasi ini karena banyak orang yang lupa membawa jas hujan, dan menurut mereka jas hujan sangat tidak modis terutama untuk para remaja, sekarang jarang remaja yang mau menggunakan jas hujan, mereka lebih memilih untuk tidak memakai jas hujan..  Kami berharap desain kami ini bisa diterima oleh masyarakat dan bisa berguna bagi para penggunanya...